Hijrah Sakinah, Hanny Dewanti

Kata orang, menikah itu adalah awal menuju kebahagiaan.
Setuju?
Saya setuju, pernikahan memanglah gerbang awal bahagia. Awal menuju kebahagiaan, otomatis harus siap berjuang juga yah. Berjuang bersama pasangan yang sudah dipilih untuk bersama - sama mengarungi kehidupan rumah tangga.


Dalam rumah tangga, masalah tentu pasti hadir. Ga mungkin lah rumah tangga tanpa masalah. Yang jadi masalah justru bagaimana kita menghadapi masalah itu. Eh ngomongin masalah dalam rumah tangga, nih saya ada buku karya Hanny Dewanti, Hijrah Sakinah : Mengatasi 55 Masalah Utama Pernikahan Semudah Senyum. Sebuah buku yang menurut saya sih bagus.

Hijrah Sakinah : Mengatasi 55 Masalah Utama Pernikahan Semudah Senyum . Begitu melihat judulnya, langsung merasa tertarik. Apalagi lembar demi lembarnya berwarna pink, ah bikin saya tambah mupeng ingin melahap habis bacaan buku ini. Apalagi dalam buku ini tuh membahas tentang rumah tangga. 



Layout buku Hijrah sakinah ini eyecatching banget loh. Dinamis dan menarik, setiap lembarnya berwarna pink, ah suka. Tapi bacanya harus ditempat yang terang, kalau ditempat yang gelap atau mendung jadi agak pusing. 




Penulis, Hanny Dewanti ini tuh seakan ingin menyampaikan bahwa jika ada masalah dalam kehidupan rumah tangga itu hadapi dengan senyuman. Karena dalam rumah tangga masalah itu pasti datang, mau tidak mau. 

"Setelah Gebyar Pesta" bab pertama dalam buku ini. Mengatakan bahwa pernikahan itu bukanlah berisi tentang bahagia dan keromantisan semata. Jangan pernah lupakan bahwa pernikahan itu adalah komitmen antara dua orang manusia untuk hidup bersama, saling menerima kekurangan dan kelebihan, konsisten dalam segala hal.

Dalam buku Hijrah Sakinah ini pun menjelaskan hal - hal mendetail seputar rumah tangga, misalnya jika menemukan kebiasaan buruk suami, harus gimana. Terus jika keluarga besar yang suka ikut campur sama masalah rumah tangga sampai masalah suami yang masih suka berjiwa muda, bahkan berdamai dengan tetangga yang suka nyinyir pun ada dalam buku ini. Beberapa gelintir persoalan yang memang harus dihadapi oleh seorang isteri dan semuanya dipaparkan dalam buku Hijrah Sakinah ini, lengkap.

Ide - ide yang dipaparkan penulis itu sangat masuk akal dan sepertinya para suami atau calon suami juga bisa deh baca buku ini, biar lebih memahami isi pikiran isteri. Kadang kan ada suami - isteri yang ga terbuka dalam komunikasi, jadi kan bisalah saling memahami. Padahal kan ya gaes dalam rumah tangga itu komunikasi harus terbuka.

Kalau gak salah ada tuh di halaman 30 an deh, ada curhatan isteri yang lebih suka terbuka ngobrol sama sahabat bahkan lebih seneng curhat sama tetangganya dibandingkan sama suaminya. Wajar ga sih? Ya wajar aja sih, karena kan setiap manusia pasti punya rahasia sendiri kan? yang kadang ga ingin dibagi - bagi. Tapi kalau untuk urusan rumah tangga sih emang harus dikemukakan sama suami, terbuka dalam komunikasi.



Setiap judulnya itu seakan bener - bener realitas, hihi. "Rumput tetangga yang hijau segar" atau "Istri cinderella complex" dan judul - judul lainnya yang bikin saya ingin senyum sendiri. Kehidupan rumah tangga itu ya memang begitu. Penulis tuh menurut saya dengan sangat lugas menjelaskan tentang tips gimana sih cara mengatasi beragam masalah yang datang di rumah tangga, tips nya pun sesuai dengan pengamatan penulisnya sendiri. Jadi saya sebagai pembaca tuh kayak diajakin ngobrol gitu bukan kayak baca. Jadi serasa ngobrol langsung tentang permasalah rumah tangga sama penulisnya. Saran dan tips nya itu adalah real dan memang ada dalam keseharian rumah tangga. Materi yang ada dalam buku ini tuh luwes banget namun padet, nasihat - nasihat nya pun gak menghakimi.

Pernah merasa sedih ga kalau ada yang bilang ngurusin anak itu sepenuhnya urusan dan tanggung jawab isteri?

Dalam buku ini secara gamblang dong dipaparkan tentang kewajiban urus anak itu bukanlah urusan isteri semata, kan anak adalah anak dari suami dan isteri bukan anak isteri saja kan? Urusan rumah tangga lainnya gimana? Cuci piring, nyapu? tugas siapa? Ya baca deh dibukunya, biar ga penasaran hehe.



Judul : Hijrah Sakinah
Penulis : Hanny Dewanti
Editor : Ilona Alle
Penerbit : Ikon
ISBN : 978-602-61440-8-9
Cetakan ke : 1 ( satu )
Jumlah halaman : 240 halaman
Harga : Rp 70.000


With Love,


Tian Lustiana
















Posting Komentar

25 Komentar

  1. Harus beli dan dibaca nih.. Rumaos ibu baru, ilmu nya masih cetek hehe

    BalasHapus
  2. Weits keren judulnya.. kertasnya juga bagus yaa, cewek banget :)

    BalasHapus
  3. Duh, pinkies ya teh, jadi pengen baca juga nih soalnya rumah tangga itu penuh perjuangan ❣️

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya lucu kan pinkies heheehhe, baca deh ini keren sekali!

      Hapus
  4. Waooo think I have to read this! :) Makasi reviewnya mbaa

    BalasHapus
  5. Nikah baru sebulan tiga bulan masi seneng2nya yg kerasa. Nikah udah 3 tahun yaaah masi seru. Nikah udah 5 tahun wedew2 mulai gimana gitu. Udah mau 8 tahun nih & tambah 'seru' memang :D

    BalasHapus
  6. Menghadapi masalah dengan senyuman ?
    Belum mampu saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh ibu aja tak mampu, apalagi saya yah wkwkwk

      Hapus
  7. coba coba kita beli bukunya ah, harus ada perbekalan yg seperti ini nih untuk ke depannya sebelum masuk ke zona itu mau nambah ilmu dulu hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Ra ada banyak ilmu seputar rumah tangga

      Hapus
  8. Subhanallah ukhti, aku kayaknya harus punya bukunya, baca judul-judul babnya menarik. Penasaran sama isinya..

    Agar sakinah mawwadah bersama oppa park hyung sik ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus pisan ukhti biar anda nanti berumah tangga bisa sakinah mawaddah warahmah bersma Oppa nya

      Hapus
  9. Wah, kayaknya bukunya seru nih Tiaaaan!
    Walopun udah 15 tahun nikah, tapi tetep weh yang namanya kerikil mah selalu ada ajaaaaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. YAh namanya juga hidup teh akan selalu ada kerikil menerjal

      Hapus
  10. pengen baca bagus sama kertasnya hahaa visual bukunya menarik

    BalasHapus
  11. Bukunya menarik. Masalaha keluarga mah emang kompleks banget ya.

    BalasHapus
  12. Baca referensinya aja jadi tau nih buju ini bagus...layak dibaca para mamah papah zaman now n old :)

    BalasHapus
  13. Topik bahasan pernikahan memang takpernah lekang oleh waktu :)

    BalasHapus
  14. Sebagai suami dan istri bagi tugas di rumah tangga biar lebih ringan ya, Teh :)

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, jika berkenan silakan sematkan komentarnya yah.