Ayah, Andrea Hirata

Sebenernya saya selesai baca buku ini udah lama sih, tapi suka lupa aja kalau mau nulis resensinya. Kadang komitmen itu susah, dari awal tahun 2018 lalu sampai sekarang sudah mau memasuki bulan ketiga 2019 masih saja susah untuk komitmen menuliskan / mereview buku yang sudah saya baca diblog ini. Keinginan hanyalah keinginan, faktanya saya sibuk sama urusan lain. Saya masih belum bisa konsisten dan membagi waktu dengan baik antara blog ini dan blog saya yang lainnya. 

Oke, lanjutin aja yah. kali ini saya bakalan review buku karya penulis fenomenal Andrea Hirata yang judulnya AYAH. Saya yakin, temen - temen juga sama, ketika membaca judulnya langsung terbesit dalam benak, bahwa isi dalam buku ini pastilah menceritakan tentang ayah, seorang ayah. Ye kan? 




Namun dalam buku ini, Seorang ayah bernama Sabari yang sangat tangguh yang selalu penuh cinta untuk anaknya, padahal anaknya itu bukanlah anak kandungnya. 

Sejak kecil, Sabari sudah menyimpan rasa cinta pada Marlena. Dan dari sinilah semua kisah dalam buku Ayah ini terjadi. 

Sabari, sosok yang puitis, pandai sekali berpuisi, cerdas dan kemampuan bahasanya layak mendapatkan acungan jempol deh bahkan ketika ujian pun, Marlena mengambil kertas jawabannya dan menyalin semua jawabannya. Sabari sih seneng aja, karena cinta. Namun sayang sekali, Marlena tidak memiliki rasa yang sama pada Sabari, Marlena tidak tertarik pada Sabari, malahan sebal. Sabari selalu pantang menyerah, dengan kemampuannya berpuisi, ia terus menciptakan kata - kata puitis untuk sang pujaan jiwa. Bukan hanya ketika SMP, sampai sekolah selesaipun Sabari tetep mengejar Marlena, dan Marlena? tetap tidak tertarik pada Sabari. Meskipun segala daya upaya sudah dilakukan namun tetap saja susah untuk mendapatkan hati Marlena, bahkan Sabari pun mau bekerja di tempat ayah Marlena, Markoni sang juragan batu bata. 

Hingga akhirnya diketahui Marlena HAMIL!

Entah, siapa yang sudah menggagahi Marlena, entah siapa lelaki yang menjadi ayah biologis bayi dalam perut Marlena, entahlah! 

Demi menutupi aib, Sabari dan Marlena akhirnya menikah. Sabari hebat, mau mempertanggungjawabkan apa yang tidak pernah ia lakukan. Sabari mau menerima anak dalam kandungan Marlena, yang jelas bukanlah anaknya. Lahirnya anak yang kemudian diberinama Zorro. Zorro bukanlah anak kandung Sabari namun Sabari sangat mengasihi dan mencintainya melebihi dirinya sendiri. 

Marlena, bukannya berterimakasih namun malah meninggalkan Sabari dan Zorro dan menikah lagi dengan pria lain. Zorro, direbut Marlena dan Sabari nyaris gila karena Zorro adalah separuh hidupnya Sabari. Zorro besar bersama Marlena, yang sudah nikah berkali - kali dan dalam ingatan Zorro sangat samar untuk mengingat Sabari karena Zorro masih terlalu kecil waktu dipisahkan dari Sabari. 

Sabari benar - benar kehilangan dua orang, Marlena dan Zorro yang selalu dicintainya. Selanjutnya yang terjadi sama Sabari? baca aja sendiri ya gaes, biar seru. 

                                                                     ❤❤❤

Seperti biasa, sama dengan buku lainnya. Gaya bahasa khas Andrea Hirata masih terasa. Setiap diksi nya gak akan bikin kecewa deh. Menurut saya, buku ini tuh mendidik dan menghibur juga. Mendidik manusia agar tau diri, tau adat dan tau gimana menjalani hidup dengan baik dan paham gimana caranya menghargai orang lain, terlebih kepada mereka yang sudah mencintai kita. 

Rasa cinta seorang ayah pada anaknya, terpampang sempurna. Gak mengharukan banget sih namun Sabari mencintai anaknya dengan caranya sendiri, dengan sesuatu yang unik. Ada beberapa tulisan yang bikin saya ngakak loh. 

Temen - temen sudah baca novel Ayah ini? Gimana? Oke kan? 

Info Buku: 


Judul : Ayah

Penulis :Andrea Hirata

Penerbit : Bentang

Tanggal Terbit : Mei 2015

ISBN : 9786022911029

Jumlah Halaman : 432

Berat Buku : 500 gr

Jenis Cover : Soft Cover

Kategori : Drama, Romantis









With Love,













Posting Komentar

46 Komentar

  1. Saya juga udah baca novel Ayah ini lama banget Ka, betul banget, pertama beli novel ini tuh ngiranya tentang sosok Ayah, dan ternyata ketika baca surprise banget, setuju ada bagian yang bikin ngakak, tapi ada juga sih bagian yang bikin saya sampe menitikan air mata ka hehe pokoknya novelnya seru 😊

    BalasHapus
  2. Mesti nyari nih novel, menarik baca ulasannya.
    Andrea Hirata memang selalu muncul dengan karya yang dirindukan para penggemarnya.

    BalasHapus
  3. Ayah...aku kembali teringat ..aku udah baca bukunya..., Cuma udah lama..seru kocak.., apalagi pas mau dengerin radio..biar suara kenceng..

    Kalo ga Sabari nulis surat di botol gitu...

    Jadi pengen baca lagi..ingat2 lupa..

    BalasHapus
  4. Hmm aku jarang baca novel, tapi sepertiny menarik ya novelnya. Melihat komen2 diatas jadi pengen baca

    BalasHapus
  5. Udah lama juga baca cerita ini. Sampai lupa lagi perjalanan detailnya. Tapi yang saya ingat saya baca sampai ngebut soalnya suka penasaran kalau ada novel belum baca selesai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau baca suka kalem ga ngebut biar kebayang suasana dalam novelnya

      Hapus
  6. sebuah buku dramatis yang bikin hati kita gimana gitu ketika membacanya ini kayanya cocok dijadikan wishlist buku yang wajib dibaca dan dibeli. Namun, kayanya sangat susah banget dicari buku ini ya mba

    BalasHapus
  7. Baca sinopsisnya kok aku gedek sama Marlena..

    Jadi inget aku udah lama ga nulis review buku di blogku ^^

    BalasHapus
  8. Yahhh coba lanjutin ending nya ka, sedih deh pasti ya

    BalasHapus
  9. saya hanya tau bukunya dari laskar pelangi, klo dari teman-teman bukunya bagus-bagus dan layak diangkat ke layar lebar

    BalasHapus
  10. Duh.... aku belum baca bukunya. sepertinya mengaduk aduk perasaan kali yah. Aku udah ditinggalin ayahku 11 tahun...
    nanti deh aku cobain nyari diperpustakaan, mudah mudahan ada

    BalasHapus
  11. Dr alur ceritanya, aku pikir ini novel akan selalu sedih, tp kata ko kata mba ada cerita kocaknya yah, wah jadi penasaran deh.

    BalasHapus
  12. Pernah baca buku ini, dan seingat saya, saya nangis sesenggukan baca novel ini, udah kama banget bacanya, jadi kangen baca novel

    BalasHapus
  13. Wah kyknya bagus nih novelnya. Aku punya, suamiku yang beli tapi aku blm sempat baca hehe. Jd penasaran kisah lengkapnnya. Makasih review bukunya :D

    BalasHapus
  14. Wah seru nih novelnya aku belum baca dan jadi penasran sama isi seluruhnya jadi pengen beli deh

    BalasHapus
  15. Ko aku greget yaa baca resensinya, tteh Tian bisa banget bikin penasaran nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heheh silakan baca langsung biar ga greget lagi

      Hapus
  16. Waaaw... novel2 beliau ini memang selalu penuh filosofi... Dalem banget pesan2nya... SUkak <3

    BalasHapus
  17. Belum punya novel inih...
    Skrg malah lagi ngumpulin novelnya tere liye yg serial bumi itu.. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya malah belum punya yang serial bumi itu, pengen baca juga

      Hapus
  18. Hmmm.. boleh juga nih novelnya, terakhir baca novel Andrea Hirata judulnya Edensor itu gatau jaman kapan hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuy baca beb , Edensor mah udah lama keleus wkwkkw

      Hapus
  19. Sudah lama jg ga baca novel neeh, kayanya seru juga novel Ayah ini

    BalasHapus
  20. duh belum satupun buku Andrea Hirata saya baca

    cuma beli dan disimpan di rak buku

    padahal sedang belajar nulis fiksi #tutupmuka #malu

    BalasHapus
  21. Deuh jd keingetan banyak buku yg blm sempat saya baca...hiks..Teh Tian rajin segala nih, baca buku aja masih rajin..keren..

    BalasHapus
  22. Baca sinopsisnya sepertinya cerita dari buku ini tuh penuh drama yaa. Aku udah ngebayangin kalo dijadiin film seperti apa. Semoga bisa memuaskan ekspetasi para pembaca*

    BalasHapus

Terimakasih sudah berkunjung, jika berkenan silakan sematkan komentarnya yah.